Hari
ini dalam kuliah psikologi belajar mahasiswa disuruh untuk berkreasi sebisa
mungkin dengan menggunakan 3 stimulus sederhana. Dimana diharapkan stimulus
tersebut dapat menghasilkan sebuah produk baru. Ada 1 lembar kertas karton
kecil, 1 lembar HVS, dan 1 lembar sertifikat . awalnya saya bingung akan
menggunakan ketiga stimulus itu dengan produk apa. Namun akhirnya ketika saya
melihat keadaan kelas sudah sibuk dengan pekerjaan nya masing-masing. Saya pun
termotivasi dan mulai berpikir akan hal apa yang harus saya lakukan dengan
stimulus yang ada didepan saya. Akhirnya 1 lembar kertas karton kecil itu saya
tulis dengan kata-kata kiasan, yang kedua kertas HVS saya buat menjadi sebuah
perahu kertas dan akhirnya 1 lembar sertifikat tersebut saya lipat dua dan
menjadi sandaran dari kapal dan kertas karton tersebut. Jadi seolah-olah ketiga
stimulus itu seperti sebuah pajangan yang bisa dipajang di meja .
Berdasarkan
asumsi skinner bahwa perilaku adalah fungsi dari kondisi dan kejadian yang
diperoleh dari lingkungan yang ditunjukkan dengan adanya respon baru. Stimulus-stimulus
yang diberikan itu menghasilkan sebuah respon atau perilaku yang baru sehingga menghasilkan
sebuah produk. Biasanya belajar menurut
skinner itu akan berkembang dengan adanya reincforcement atau penguatan. Reincforcement ada yang negative dan ada yang
positif. Biasanya reincforcement yang negatif contohnya dengan adanya hukuman
maka seseorang akan mengubah perilakunya untuk menghindari hukuman tersebut. Sementara
reincforcement positif misalnya dengan memberi penguatan berupa reward. Seperti
contohnya setelah dosen tadi memberi stimulus dan menyuruh untuk membuat sebuah
produk sekreatif mungkin. Dosen
mengatakan bahwa akan memberikan reward
berupa hadiah bagi yang menghasilkan produk terbaik. Maka tentu saja dengan
adanya penguatan tersebut mahasiswa termotivasi untuk melakukan sesuatu
sekreatif mungkin agar mendapatkan apa yang diinginkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar