Data observasi yang didapatkan di SMK
Tritech adalah :
1. Nama dan NIM observer : Mentari Manik (10098)
2. Kelas yang di
observasi : III-7 SMK Tritech
3.
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
4. Nama Guru : Triandini Ayuningtiyas
5. Waktu/durasi
observasi : 30 menit/ 11.45-12.15
6. Jumlah siswa dikelas :
26 orang
7. Media pembelajaran
guru : Pada mata pelajaran ini guru
hanya menggunakan buku bacaan
sebagai media pembelajaran siswa, namun pada kelas terdapat media lain seperti TV yang digunakan untuk menampilkan power point yang telah tersedia, laptop, dan whiteboard yang dapat digunakan
pada mata pelajaran yang lain.
8. Media pembelajaran
siswa : Buku cetak dan alat tulis (pada saat mengerjakan latihan) laptop, dan buku tulis (untuk catatan).
9.
Alat
observasi : Pulpen, kertas, dan buku panduan.
10.
Situasi
fisik kelas : Kelas tidak begitu besar kira-kira
4x6 meter. Terdaapat fasilitas didalam ruang kelas seperti
AC, Whiteboard, spidol, penghapus, televisi
(LCD) ,dan kipas angin . Di depan kelas
terdapat dua meja guru dimana meja yang utama berada didepan ujung kelas atau
tepatnya berada didepan dan menghadap ke siswa dan meja yang kedua berada
disamping kanan meja pertama dan menghadap ke samping siswa. Diruang kelas tersebut
juga terdapat rak besi sebagai tempat meletakkan
barang-barang siswa .
Kursi untuk siswa berjumlah 26 dan susunan kursi
tidak tertata dengan baik (berantakan). Ruang kelas dilengkapi juga dengan jam
dinding di sisi sebelah kanan serta pencahayaan dalam ruangan yang cukup baik
Analisis hasil observasi dengan
teori Kondisi Belajar Gagne
Tabel panduan yang
digunakan ialah tabel 5.2 (Tinjauan atas Lima Variasi Belajar)
Dalam tabel
terdapat 5 kategori belajar yaitu informasi verbal, keterampilan intelektual,
strategi kognitif, keterampilan motorik, serta sikap.
Dalam kelas
yang saya observasi yakni pada kelas III-7 SMK Tritech ,kelas tersebut sedang belajar mata pelajaran bahasa
Indonesia, topik yang dibahas pada saat itu adalah gaya bahasa,majas, serta
mencari makna kata. Ketika Informasi yang pertama mereka dapatkan adalah
informasi dari guru tentang topik pelajaran yang dibahas. Disinilah informasi verbal yang didapatkan oleh
peserta belajar. Kemudian mereka mulai menggunakan kemampuan intelektualnya dimana siswa kemungkinan dapat merespon
informasi yang mereka dapatkan dan setelah itu mereka juga mulai menggunakan strategi kognitif dengan mengelola
ingatan mereka sehingga siswa tersebut bisa mengetahui setiap perbedaan dalam
gaya bahasa, majas, serta makna kata yang digunakan dalam kalimat atau pun
pernyataan yang berbeda. kemudian sampai
kedalam ketrampilan motorik dimana
siswa mendemonstrasikan tindakan mereka misalnya ketika guru memberi pertanyaan
siswa yang dapat menjawab dengan cepat mulai mengangkat tangannya kemudian yang
terakhir menunjukkan sikap ataupun
tindakan mereka itu baik yang positif maupun negatif namun pada hal ini siswa
menunjukkan sikap positifnya yakni dengan menjawab pertanyaan yang diberikan
oleh guru yang bersangkutan.
Tabel analisis hasil yang digunakan ialah
Tabel 5.7 (kaitan antara tahapan belajar dengan peristiwa pembelajaran)
Dalam hal ini pada dasarnya adalah tahapan belajar dimana guru mulai melakukan persiapan belajar tahapnya yang pertama itu guru menarik perhatian siswa dengan mulai memberikan informasi sehingga
siswa memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru. Kemudian melakukan ekspektasi dengan memberitahukan tujuan
belajar pada siswa disini siswa mulai mengetahui apa apa saja yang akan
dipelajari. Selanjutnya retrieval
dimana merangsang ingatan siswa terhadap pelajaran sebelumnya, jadi disini guru
memberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang berhubungan yang telah
dipelajari sebelumnya. Selanjutnya ada akuisisi
kinerja dimana ada persepsi selektif
dengan memberikan stimulus dengan ciri yang berbeda ,disini guru member beberapa
kata yang sama namun memiliki makna yang berbeda, jadi siswa diminta untuk
mebedakan makna kata tersebut walaupun dengan kata kata yang sama. Penyandian semantik berupa bimbingan
belajar, disini guru mulai membimbing kembali siswa terhadap materi yang
diajarkan. Retrieval dan respon yang
dapat memunculkan kinerja dan penguatan sehingga siswa semakin paham dan
mengerti materi belajar tersebut. dan yang terakhir adalah transfer belajar dimana pemberian
petunjuk retrieval dengan menilai perbuatan/ kinerja siswa yakni ketika
siswa menjawab pertanyaan apakah jawabannya tersebut benar atau salah serta megeneralisasikan dengan contoh yang
baru disini guru mulai memberikan contoh-contoh kata yang baru dan berbeda dari
sebelumnya dan melihat kinerja siswa. Apakah secara keseluruhan mereka sudah
mulai mengerti akan pelajaran yang diberikan meskipun dihadapkan pada hal-hal yang
baru ataupun berbeda. hal hal yang baru ataupun berbeda disini adalah dalam hal
kalimat-kalimat yang baru ataupun makna kata yang berbeda (soal-soal
pembahasan)
Komentar :
Ketika akan melakukan observasi di SMK
Tritech Informatika Medan memang sangat menarik perhatian saya karena sekolah
ini terbilang modern yang difasilitasi dengan alat-alat yang canggih saat
pembelajaran di kelas. Namun ,yang saya sayangkan suasana disekolah tersebut
kurang kondusif memang ada sebagian kelas yang kondusif namun kelas tersebut
menurut saya akan sangat terganggu dengan keributan yang ditimbulkan oleh
kelas-kelas disebelahnya.
Testimoni
Cukup mengesankan ketika melakukan
observasi di sekolah ini. Berbeda dengan sekolah-sekolah lain yang tidak
menggunakan media IT sebagai pembelajaran didalam kelas melainkan masih manual
dengan whiteboard dan sejenisnya. Namun karena ini mungkin masih baru sehingga
pembangunannya pun belum selesai sehingga pada kelas bagian atas dilantai dua
itu masih kurang rapi. Namun saya mendapatkan pengalaman baru disini, siswa nya
juga belajar dengan Fun , karena sistem belajarnya tidak monoton dan tidak
membosankan. Yah, tapi hanya saja guru
harus mampu untuk mengontrol suasana di dalam ruangan yang ekstra ramai dengan
suara-suara yang cukup bising. Sebaiknya guru memperhatikan bagaimana agar
ruangan itu kondusif dan sebaliknya yang berada di luar ruangan juga tidak
mengganggu orang-orang yang sedang belajar dalam ruangan
Daftar
Pustaka:
Gredler,
M. E. (2011).Learning and Instruction. Teori dan Aplikasi: edisi keenam.
Jakarta:Kencana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar