Rabu, 10 Oktober 2012

Membuat Kreativitas Berdasarkan Stimulus yang Diberikan


 
                Hari ini dalam kuliah psikologi belajar mahasiswa disuruh untuk berkreasi sebisa mungkin dengan menggunakan 3 stimulus sederhana. Dimana diharapkan stimulus tersebut dapat menghasilkan sebuah produk baru. Ada 1 lembar kertas karton kecil, 1 lembar HVS, dan 1 lembar sertifikat . awalnya saya bingung akan menggunakan ketiga stimulus itu dengan produk apa. Namun akhirnya ketika saya melihat keadaan kelas sudah sibuk dengan pekerjaan nya masing-masing. Saya pun termotivasi dan mulai berpikir akan hal apa yang harus saya lakukan dengan stimulus yang ada didepan saya. Akhirnya 1 lembar kertas karton kecil itu saya tulis dengan kata-kata kiasan, yang kedua kertas HVS saya buat menjadi sebuah perahu kertas dan akhirnya 1 lembar sertifikat tersebut saya lipat dua dan menjadi sandaran dari kapal dan kertas karton tersebut. Jadi seolah-olah ketiga stimulus itu seperti sebuah pajangan yang bisa dipajang di meja .
Berdasarkan asumsi skinner bahwa perilaku adalah fungsi dari kondisi dan kejadian yang diperoleh dari lingkungan yang ditunjukkan dengan adanya respon baru. Stimulus-stimulus yang diberikan itu menghasilkan sebuah respon atau perilaku yang baru sehingga menghasilkan sebuah produk.  Biasanya belajar menurut skinner itu akan berkembang dengan adanya reincforcement atau penguatan.  Reincforcement ada yang negative dan ada yang positif. Biasanya reincforcement yang negatif contohnya dengan adanya hukuman maka seseorang akan mengubah perilakunya untuk menghindari hukuman tersebut. Sementara reincforcement positif misalnya dengan memberi penguatan berupa reward. Seperti contohnya setelah dosen tadi memberi  stimulus dan menyuruh untuk membuat sebuah produk sekreatif mungkin.  Dosen mengatakan bahwa akan memberikan  reward berupa hadiah bagi yang menghasilkan produk terbaik. Maka tentu saja dengan adanya penguatan tersebut mahasiswa termotivasi untuk melakukan sesuatu sekreatif mungkin agar mendapatkan apa yang diinginkannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar